Staf dan Karyawan ITB Nobel Wajib Fasih Berbahasa Inggris

MAKASSAR, NIDC– Staff dan karyawan lingkup Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Nobel Indonesia diwajibkan fasih bercakap bahasa Inggris. Olehnya itu, ITB Nobel Indonesia melalui Nobel Development Center (NDC) melaksanakan program bernama “English for Human Resources”.

Instruktur English for Human Resources, Muhammad Fauzi Razak, S.Hum., M.Hum. membeberkan program ini sejatinya telah berlangsung per 13 Agustus 2021 lalu. “Kelasnya itu dibagi menjadi dua kelas, supaya tidak mengganggu jam operasional kantor, karena sesuai visi misi kampus kita, yakni menjadi kampus bertaraf internasional. Mau tidak mau, suka tidak suka seluruh SDM yang ada di internal kita harus mampu berbicara bahasa inggris,”kata Oji sapaannya, Kamis (23/9).

Perihal pelaksanaannya, sambung Oji berlangsung selama 1 kali dalam sepekan dan berjalan selama 90 menit. “Kelas terbagi menjadi dua kelas, kita selang seling. masing-masing kelas itu terdiri 10 kali pertemuan, minggu ini sudah pertemuan ke 5”, bebernya.

Selain itu materi yang disajikan, merupakan materi yang berorientasi pada kemampuan bagaimana staff maupun karyawan, mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris. Hal ini dinilai penting, sebab tidak menutup peluang kedepannya, Nobel bakal menerima mahasiswa asing yang berada dari luar negeri. “Kalau sudah fasih berbahasa inggris, maka mahasiswa asing pun bisa dilayani,” katanya.

Selanjutnya dirinya bakal meningkatkan kemampuan bahasa inggris antara mahasiswa, karyawan dan dosen di ITB Nobel. “Untuk kedepannya, kita pihak NDC melakukan pelatihan Bahasa Inggris bagi dosen, jadi akhirnya nanti semua bisa berbahasa inggris. Jadi semua pelayanan dan pengajaran, dalam hal ini dosen membawa mata kuliah, bisa menggunakan bahasa inggris, power point juga atau setidaknya bahasa pengantarnya bisa mnggunakan bahasa inggris” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *