Mantan Ketua BEM Nobel  Indonesia Bagi Tips Imbangi Organisasi dan Akademik

MAKASSAR,NIDC — Mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITB Nobel Indonesia periode 2018-2019, Nurman S.E., didapuk menjadi salah satu narasumber dalam rangkaian kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (Ormaba) Technoration 2021.

Dihadapan ratusan Mahasiswa Baru (Maba) di Ballroom Lantai 2 ITB Nobel Indonesia, Jalan Sultan Alauddin, Sabtu (2/10), Nurman berbagi pengalamannya mengenai langkah mengimbangi antara akademik dan organisasi.

Nurman berpandangan, akademik merupakan tempat baginya untuk membanggakan orang tuanya. “Tapi saya tak menampik organisasi itu juga penting, semua harus berjalan beriringan,” kata dia.

Bagi dia, akademik dan organisasi merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan. Ibaratnya, kata Nurman akademik itu teori dan organisasi merupakan wadah untuk melakukan praktik.

Namun, jika disuruh memilih, dirinya mengaku mendahulukan akademik. Disisi lain, ia juga menceritakan seusai menempuh dunia perkuliahan, dirinya juga tengah mengembangkan bisnis pada design produk.

Dalam perjalanannya, tentunya banyak persoalan yang dihadapi. Kendati demikian, ia mengaku lewat usaha ini, rupanya memberikan ruang bagi masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan.

“Karena saya melihat UMKM adalah sebuah komunitas bisnis skala kecil, dimana kesempatan untuk menyerap tenaga kerja itu sangat tinggi,” tutur Founder Ruang Design itu.

Sementara itu, Sumaryadi Sabil dari Nobel Enterpreneurship Center (NEC) menambahkan, NEC merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide bisnisnya untuk menjadi sebuah produk.

Nantinya, kata Yadi, pihaknya akan membantu dan memberikan pelatihan agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang dan dipasarkan lebih luas lagi.”Di NEC, kita akan membantu mengembangkan produknya, mulai dari legilitasnya sampai bisa dipasarkan. Sehingga saya harap teman-teman mahasiswa baru bisa bergabung disini,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *