LP2M STIE Nobel Indonesia Dorong BUMDesa Makin Inovatif

MAKASSAR, NIDC — BUMDesa atau Badan Usaha Milik Desa merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya mendorong peningkatan perekonomian masyarakat pedesaan. STIE Nobel Indonesia melalui Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) turut mendorong agar BUMDesa makin berjaya. 

Ketua LP2M STIE Nobel Indonesia, Fitriani Latief, S.P., M.M., mengatakan, BUMDesa punya peran penting dalam menopang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Olehnya, LP2M ikut mendorong BUMDesa untuk lebih inovatif.

Seperti menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kabba, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, yang digelar pada Selasa (15/06/2021) kemarin.

Kegiatan ini mengusung tema Revitalisasi Peran BUMDesa dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat.

“Tujuan kami melakukan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman tentang maksud dan tujuan dari BUMDesa, dan bagaimana agar Sumber Daya Manusia (SDM) dari BUMDesa Padaidi bisa lebih optimal, “katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia (LP2NI)—Dr. H. Muhammad Hidayat, S.E., M.M., mengatakan bahwa keberadaan kami melalui kegiatan ini yaitu untuk memberikan pendampingan, diantaranya pendampingan dalam menganalisis potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Kabba. Dan juga pendampingan dalam pembuatan laporan keuangan, agar BUMDesa Padaidi Desa Kabba dapat melihat dan mengontrol operasionalnya apakah sudah berjalan dengan baik atau tidak. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangkep yang diwakili oleh Maya Nurmaya. Ia sangat mengapresiasi kegiatan pemberdayaan masyarakat yang digelar LP2M STIE Nobel Indonesia ini. Dan berharap BUMDesa Padaidi Desa Kabba akan menjadi BUMDesa yang mandiri kedepannya.

“Semoga kegiatan hari ini dapat segera ditindaklanjuti dengan MoU agar kegiatan pendampingan BUMDesa Padaidi Desa Kabba dapat berkesinambungan, sejalan dengan tujuan dari revitalisasi BUMDesa yang tengah digaungkan oleh pemerintah, “tutup Dr. H. Muhammad Hidayat.

Untuk diketahui, tim dosen STIE Nobel Indonesia yang ikut hadir dalam kegiatan ini antara lain Dr. H. Muhammad Hidayat, S.E., M.M., Fitriani Latief, SP., M.M., Nur Hidayah, S.E., M.Si., dan Nurkhalik Wahdanial Asbara, S.Kom., M.Kom. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *