KKN di Pangkep, Mahasiswa Nobel Bawa Misi Tingkatkan UMKM Lokal

MAKASSAR, NIDC — Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia kembali menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Kab.Pangkep, Senin (1/8) sekira 09.30 WITA.

Prosesi pelepasan 86 Mahasiswa KKN, dilakukan secara resmi oleh Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia, Dr.Ir.H.Badaruddin, S.T., M.M. didampingi Bupati Pangkep, Muh.Yusran Lalogau.

Bupati Pangkep, Muh.Yusran Lalogau mendorong kepada Mahasiswa dengan entrepreneural mindset yang dimiliki, dapat dimaksimalkan guna meningkatkan UMKM masyarakat. “Kami berharap, mahasiswa selama 40 hari nanti bisa membantu untuk memanage beberapa UMKM yang ada disini, mulai dari cara mengemas produk, cara pemasaran sampai memanage pengeluaran agar aman,” urainya.

Sementara itu, Rektor Nobel Indonesia, Dr.Ir.H.Badaruddin, S.T., M.M. dalam sambutannya mengaku bersyukur karena Bupati Pangkep beserta jajaran bisa menerima pihaknya untuk melakukan KKN PPM.

Dari total 86 Mahasiswa, sebagaian besar Mahasiswa memiliki entrepreneural mindset atau orang-orang yang punya mindset entrepreneur.

Lebih lanjut, kata Badaruddin, Mahasiswa yang melakukan pengabdian pada masyarakat selama 40 hari, nantinya bisa berbaur dengan masyarakat setempat, serta menemukan potensi yang ada di lokasi masing-masing. “Tentu kehadiran mereka tidak sepenuhnya akan menjadi tumpuan, tapi dengan komunikasi dan kolaborasi yang baik, saya percaya ada sesuatu yang bisa dihasilkan,” tutur Alumni Perkapalan Unhas itu.

Pasca sambutan, Rektor Nobel Indonesia memasang rompisecara simbolis kepada Bupati Pangkep. Nantinya, 86 Mahasiswa KKN akan ditempatkan di dua Kecamatan, yakni Kec.Balocci, dan Tondong Talassa.

Sebelumnya, Kaprodi Akuntansi, Karlina Ghazalah Rahman, S.E., M.Ak., Ak., ACPA menyebut ada sejumlah materi yang diberikan kepada mahasiswa, diantaranya pengoptimalan program kerja entrepreneur hingga teknis KKN selama berkegiatan. “Materi kedua terkait gambaran proker keuangan dan pencatatan keuangan untuk BUMDesa,” sebutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *