Dua Debater STIE Nobel Indonesia Asah Kemampuan di NUDC 2021

MAKASSAR, NIDC—Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia ikut berpartispasi pada Kompetisi National University Debating Championship (NUDC) tingkat wilayah tahun 2021.

STIE Nobel Indonesia mengutus dua wakilnya di ajang tersebut. Masing-masing Nurfahira dari jurusan akuntansi dan Afiqah Utami Cita Kadir dari jurusan manajemen. Nurfahira dan Afiqah telah tampil perdana di NUDC yang digelar secara daring, Senin, (21/6/2021).

Muhammad Fauzi Razak—Kepala Pelatihan & Pengembangan Nobel Indonesia Institute (NII) STIE Nobel Indonesia, sekaligus penanggung jawab kegiatan debat dari tim STIE Nobel Indonesia, mengucapkan selamat kepada tim debater STIE Nobel Indonesia karena berhasil melalui seleksi tahap pertama atau seleksi perguruan tinggi. Dan selanjutnya, Nurfahira dan Afiqah akan kembali berjuang untuk lolos seleksi tingkat wilayah.

Fauzi mengatakan untuk sampai ke tahap ini, debater STIE Nobel Indonesia sudah melalui training selama sebulan.

Lebih lanjut, kata Fauzi, kompetisi di bidang debat berbahasa Inggris merupakan salah satu kegiatan aktualisasi diri bagi mahasiswa. Tak hanya itu, lanjut Fauzi, debat melatih kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat atau argumen, meningkatkan cara berpikir kritis, juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris.

Sementara itu, salah satu debater STIE Nobel Indonesia—Afiqah Utami Cita Kadir mengatakan sangat senang bisa mewakili STIE Nobel Indonesia dalam ajang debat NUDC tahun 2021 ini. Banyak hal yang kami dapatkan dengan adanya kompetisi NUDC ini. “Selain bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris kami secara lisan, kami juga belajar untuk bisa lebih berpikir kritis, dan menyampaikan pendapat kami secara logis dan sistematis untuk meyakinkan publik,” ucap dia.

Diketahui kompetisi debat NUDC diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 

Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan sejak 2008 ini menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia. Tercatat ada 380 tim dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Indonesia yang ikut serta dalam kompetisi tahun ini, salah satunya ada tim dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *