Dua Caketum Unjuk Gigi dalam Debat Kandidat HMJM

MAKASSAR, NIDC — Dua Calon Ketua Umum (Caketum) Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) yakni Fadli dan Muhammad Alwan, saling unjuk gigi dalam Debat Kandidat yang bergulir di Ruang 401 Kampus Nobel Indonesia, Jalan Sultan Alauddin, Rabu (20/7).

Kedua kandidat tersebut menjalani serangkaian pertanyaan yang dilontarkan oleh para panelis. Diantaranya, Yuswari Nur S.E., M.Si (Kaprodi Manajemen), Suchaela Suwardani, S.M., (Korps Purna Bakti HMJM) hingga Fitrawan (Dewan Kehormatan).

Disegmen pertama, mereka memaparkan orasi ilmiahnya selama 5 menit. Lalu disegmen berikutnya, kedua kandidat memaparkan visi-misi jika kelak terpilih menjadi Ketum HMJM. Selanjutnya, panelis melontarkan pertanyaan yang telah disiapkan.

“Saya lihat ketika mahasiswa ingin masuk di HMJM, setelah masuk ke HMJM ada juga yang mungkin tidak nyaman, ini yang saya amati beberapa tahun terakhir, kemudian bagaimana menciptakan kader yang loyal dan masuk ke himpunan secara sukarela?,” urai Yuswari Nur selaku panelis.

Merespon hal tersebut, Fadli kandidat nomor urut 1 mengaku telah menyiapkan strategi untuk menjawab persoalan yang dilontarkan panelis. Salah satunya melakukan pendekatan persuasif kepada semua lingkup mahasiswa manajemen. “Kita harus merangkul tanpa ada kesenjangan. Baik itu dari kader yang mengalami masalah kita dari situ timbul loyalitas mereka dan untuk kader juga kalau ada masalah tolong diceritakan. Karena di himpunan kita adalah keluarga kalau ada masalah kita akan bantu. Terus untuk pengimplementasiannya mungkin banyak perencanaan yang kita hadirkan agar persoalan sebelumnya bisa kita selesaikan untuk himpunan kedepannya,” tutur Fadli.

Sementara itu, kandidat nomor urut 2 Muhammad Alwan menilai kurangnya minat mahasiswa bergabung ke HMJM, lantaran faktor Covid-19 yang masih merebak. Namun, kedepannya ia bakal menyiapkan sejumlah langkah, agar Mahasiswa bisa bergabung secara sukarela. “Jadi upaya meyakinkan masuk dihimpunan mencari tahu apa kebutuhan dia. Dan membranding memperlihatkan himpunan ini, sehingga dia tertarik masuk. Ketika saya mengetahui Mahasiswa ingin lebih ke arah intelektual, kita buat forum mengundang seluruh mahasiswa manajemen dan bagaimana menciptakan kader loyal, saya akan selalu merangkul teman-teman seluru kader baik kader maupun non kader saya akan selalu mendengar apa kebutuhan hmjm. Dan bagaimana mengimplementasikan dalam kepemimpinan, saya akan membuat kegiatan yang dapat menarik semua kader dan kita membuat inovasi sehingga dilirik oleh mahasiswa,” tuturnya.

Seusai tahapan debat kandidat, fase berikutnya ialah Pemilihan Ketum HMJM dan penetapan Ketua terpilih yang akan berlangsung pada Kamis, (21/7) besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *