Dies Natalis Nobel School of Business: 22 Tahun Mengabdi, Mencetak Pengusaha untuk Kesejahteraan Bangsa

MAKASSAR, NIDC — Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia, tengah merayakan hari jadinya yang ke-22, Rabu, (24/2/2021). Seusia anak remaja yang tengah beranjak dewasa.

Tentu perjalanan yang dilalui tidaklah mudah untuk menapaki usia yang sekarang ini. Pasang surut sudah pasti terjadi. Namun, STIE Nobel Indonesia berhasil melalui semua tantangan itu. Sekolah bisnis yang dipelopori oleh Ir. H. Mubyl Handaling ini mengukuhkan diri sebagai sekolah bisnis pertama dan terbaik di Indonesia Timur.

Terbukti, hingga saat ini STIE Nobel Indonesia telah berhasil mencetak alumni-alumni yang berkompeten di bidang entrepreneurship. Sebut saja Andi Nur Firmansyah A.Saputra, S.M., sebagai pemilik tempat wisata Kambo Highland Park Palopo. Selain itu ada juga Muhammad Noer Ashari, S.M., Owner Warunk Bakso Mas Chingkrank. Mereka semua adalah alumni dari STIE Nobel Indonesia.

Ir. H. Mubyl Handaling sebagai founder memiliki harapan besar terhadap kemajuan STIE Nobel Indonesia. Beliau berharap, kedepannya STIE Nobel Indonesia menjadi sekolah dan institut modern. “Visi kami, Nobel ada mulai dari playgroup sampai dengan S3,” ucapnya.

Selain itu dengan adanya kurikulum berbasis entrepreneurship dengan memadukan antara teori dan praktik yang diterapkan STIE Nobel Indonesia, tentu menjadi bekal untuk alumninya. Betapa tidak, salah satu syarat kelulusan mahasiswa adalah terlebih dahulu harus mempunyai badan usaha sendiri yakni CV (Persekutuan Komanditer).

Ketua STIE Nobel Indonesia, DR. H. Mashur Razak, S.E., M.M., berharap, dengan memiliki badan usaha sejak dini saat masih duduk dibangku kuliah, tentu memudahkan alumni STIE Nobel Indonesia merintis dan mengembangkan usahanya sendiri setelah lulus kuliah nanti. “Daripada alumni sibuk dan terjebak mencari pekerjaan, lebih baik sibuk merintis dan mengembangkan usahanya, sehingga kedepannya mampu membuka lapangan pekerjaan,” harapnya.

Tenaga pengajar yang disediakan STIE Nobel Indonesia tidak hanya terdiri dari akademisi yang kompeten, tapi juga dosen praktisi bisnis. Hal ini tentu sangat berdampak baik bagi mahasiswa karena bisa mendapatkan gambaran dan pengalaman langsung dari para praktisi.

Sehubungan dengan itu, STIE Nobel Indonesia juga secara berkala menggelar kuliah tamu dari para pengusaha sukses dan CEO Lecturer dari para eksekutif bisnis. Dengan ini, mahasiswa akan memperoleh pembelajaran langsung dari para pengusaha sukses tentang strategi dalam kewirausahaan serta dinamika menuju kesuksesan.

Hingga usia saat ini yang ke-22, STIE Nobel Indonesia tetap berkomitmen untuk selalu membuat terobosan-terobosan agar bisa mencetak pengusaha-pengusaha muda yang berkontribusi untuk kemajuan ekonomi dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Sebagai kado ulang tahun kali ini, STIE Nobel Indonesia berhasil mempertahankan posisinya sebagai peringkat pertama kategori sekolah tinggi di wilayah Sulawesi, yang dinaungi oleh LLDikti wilayah IX. Data ini berdasarkan pengumuman Dirjen Dikti tanggal 17 Agustus 2020.

Perayaan Dies Natalis STIE Nobel Indonesia kali ini, selain dihadiri oleh civitas akademika, juga turut dihadiri oleh Tim LLDikti wilayah IX. Kegiatan diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari mengukur suhu tubuh, jaga jarak, dan memakai masker. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *