Cita-cita Jadi Menteri Pariwisata

Namanya Muhammad Firmansyah Agus Saputra. Putra sapaan akrabnya begitu menyukai dunia pariwisata. Tak ayal, keinginan menjadi menteri pariwisata menjadi hasrat maupun cita yang ingin diwujudkan kelak. 

Putra lahir di Soroako, 9 Agustus 1994. Pendidikan SD dan SMP ia tamatkan di tanah kelahirannya. Yakni SD YPS Soroako dan SMP YPS Soroako. 

Memasuki jenjang SMA, Putra memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Makassar, tepatnya di SMA Athira.

Selesai SMA, ia lanjut kuliah. School of Business STIE Nobel Indonesia, pilihannya. Ia mengambil jurusan manajemen—bisnis dan perdagangan internasional. Tahun 2018 ia resmi menyandang gelar sarjana manajemen, dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang sangat memuaskan, yakni 3,98.

Selesai kuliah, jiwa wirausaha Putra membuatnya terpanggil menjalankan usaha yang sudah dirintis orang tuanya di Palopo. Usahanya bergerak di bidang pariwisata, “Kambo Highland Resort and Resto” namanya. Disana Putra menjabat sebagai owner. Putra berhasil mewujudkan dan mengembangkan konsep yang sudah digagas ibunya—Halifa Halide. Kambo Highland kini menjadi destinasi wisata Kota Palopo yang ramai dikunjungi.

Semasa kuliah, ia juga tergolong mahasiswa yang aktif di organisasi. Pemuda yang hobby traveling ini pernah berkecimpung dalam UKM Photography Nobel. Selain itu ia juga lebur dalam organisasi pengusaha seperti UKM PM3K (Pengusaha Muda Kreatif, Kompeten dan Karismatik), dan HIPMI PT Nobel.

Menurut Putra, Nobel adalah kampus yang lingkungannya benar benar mendorong mahasiswanya untuk menjadi seorang entrepreneur. “Nobel menjadi pilihan saya untuk mengasah diri sebagai seorang leader/pemimpin dalam perusahaan, dan membangkitkan jiwa kewirausahaan, “akunya.

“Sektor pariwisata memberikan dampak besar terhadap perkembangan suatu kota/daerah. Semoga kedepannya sektor pariwisata khususnya Kambo Highland dapat terus berkembang, dan bisa menjadi inisiator ditengah usaha hospitality. Dan juga, semoga usaha ini bisa menjadi motivasi buat pemuda-pemuda mengembangkan sektor pariwisata, “harapnya.

Diketahui sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *