5 Tips Sukses Memulai Bisnis Versi Scott Gerber, Cocok untuk Pemula !

Jika kamu memiliki keinginan untuk memulai bisnis sendiri dan menjadi seorang pengusaha, maka jangan ditunda-tunda. Dilansir dari wartaekonomi.co.id ada 10 tips sukses memulai bisnis untuk pemula menurut Scott Gerber, seorang pengusaha muda, penulis, dan investor asal Amerika Serikat. Berikut 5 tips diantaranya.

Fokus pada satu peluang bisnis

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, seakan-akan semua hal dapat menjadi peluang bisnis. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin bisa membuat kamu kebingungan dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Sehingga, tidak sedikit orang yang malah mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan. Tentu hal ini tidaklah salah, karena semua itu bergantung pada kemampuan setiap orang. Namun, akan lebih bijaksana jika kamu fokus pada satu peluang terlebih dahulu. Dengan itu, seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah, dan memudahkan kamu mengeksekusi semua ide-ide tersebut.

Lakukan hal yang kamu sukai

Dalam melakukan apapun itu, jika kita menyukai apa yang kita lakukan, tentu kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Dampaknya, hasilnya tentu lebih maksimal. Untuk kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh. Mulailah karena itu adalah yang kamu sukai, itu adalah passion mu, itu adalah hobi mu. Dengan begitu, kamu merasa puas karena hobi kamu tersalurkan dan keinginan membuka usaha pun tercapai.

Kuasai segalanya tentang bisnis yang kamu geluti

Di awal memulai bisnis, biasanya jarang ada investor yang berani berinvestasi di bisnis tersebut. Namun, kesempatan ini bisa datang kapan saja. Untuk itu, kamu perlu menguasai betul tentang bisnis yang kamu geluti. Siaplah kapanpun untuk menjelaskan dengan sejelas-jelasnya tentang bisnis yang kamu geluti kepada investor. Tujuannya agar kamu dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat.

Jaga kesehatan

Untuk sukses memang harus kerja keras. Namun jangan lupa bahwa menjaga kesehatan juga tanggungjawab kamu. Jika kesehatanmu terjaga, percayalah apapun yang kamu kerjakan akan lebih produktif. Atur pola makan, olahraga teratur, dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaanmu. Sebagai manusia, kadang kita perlu waktu untuk merilekskan tubuh dan pikiran sejenak, agar nantinya bisa kembali bekerja dengan optimal dan sepenuh hati.

Perhatikan apa yang kamu katakan

Perhatikanlah apa yang kamu katakan. Katakan hal yang mampu kamu lakukan. Jangan terlalu banyak bicara tapi kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Buktikan yang kamu bisa lakukan melalui tindakan, bukan dengan hanya berkata-kata. Dengan tindakan, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu. 

sumber: https://www.wartaekonomi.co.id/ini-tips-sukses-scott-gerber-untuk-pebisnis-pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *